Bangun Posko Terpadu agar distribusi bantuan tepat sasaran

0
Taken by Humas Polres Bogor
Seorang petugas kesehatan Polres Bogor tengah bersiaga di Posko Bencana Alama Terpadu Polsek Nanggung (07/01/2020)

 

Nanggung, Bogor–Penyaluran bantuan logistik bagi korban bencana alam pada sejumlah wilayah terdampak di Kabupaten Bogor, kadangkali tidak tepat sasaran sehingga aparatur Kepolisian membuat Posko terpadu untuk penyaluran pendistribusian logistik dan sembako bagi para korban terdampak (06/01/2020).

Kapolsek Nanggung AKP Asep Saepudin, membuat kegiatan terpadu penyaluran logistik bencana melalui sebuah posko yang dibuat di Polsek Nanggung. “Hal ini kami lakukan guna mengantisipasi adanya penyalahgunaan atau penyaluran bantuan logistik bencana yang tidak tepat sasaran”, ungkap AKP Asep.

Taken by Humas Polres Bogor
POSKO TERPADU; Polsek Nanggung membuat Posko terpadu penanggunlangan bencana alam, untuk penyaluran bantuan logistik bencana tepat sasaran (06/01/2020).

Lanjut AKP Asep sekaligus Ketua Penanggulangan Bencana Terpadu di wilayah Kecamatan Nanggung, posko terpadu ini dibuat sejak hari pertama terjadinya bencana tanah longsor dan pergerakan tanah di wilayah Kecamatan Nanggung. “Pada Kecamatan Nanggung terdapat 42 titik longsor pada 7 Desa terdampak”.

Ratusan logistik terlihat menumpuk di Posko terpadu, petugas Polsek Nanggung nampak sedang mengecek jumlah bantuan logistik. “Dari Posko terpadu ini kita salurkan ke posko-posko pengungsian yang sudah dibuat pada setiap titik lokasi bencana terdampak berdasarkan data para pengungsi yang dilaporkan ke Posko Terpadu melalui petugas penanggulangan bencana yang ada di tiap-tiap Desa. Kita salurkan setiap harinya baik pagi, siang, malam, baik pada saat cuaca cerah maupun hujan” ungkap Ka Posko Terpadu Aiptu Yudi.

Taken by Humas Polres Bogor
Petugas Polsek Nanggung sedang mengecek jumlah bantuan logistik dari para relawan untuk selannjutnya disalurkan agar tepat sasaran (07/01/2020)

Lanjut Aiptu Yudi, terlepas faktor cuaca hujan yang sedikit menghambat dalam proses evakuasi dan pencarian korban namun tidak dalam penyaluran pendistribusian bantuan logistik ini. Karena pada pendistribusian logistik bencana, turut melibatkan petugas-petugas yang ada pada tiap-tiap Desa baik dengan menggunakan kendaraan tertutup.

Taken by Humas Polres Bogor
3.500 per hari nasi bungkus disiapkan oleh Bhayangkari Polsek Nanggung bersama dengan para pelajar yang turut tergabung dalam Tim Terpadu (06/01/2020)

“Setiap harinya kami juga menyiapkan nasi bungkus untuk para warga terdampak sebanyak 3.500 bungkus”, tutur AKP Asep Kapolsek Nanggung.

Kegiatan yang dilakukan oleh Kapolsek Nanggung dengan melalui pembuatan Posko Terpadu bersama dengan Muspika Nanggung, BPBD dan PMI ini dinilai efektif dalam penyaluran bantuan logistik ke posko-posko pengungsian bencana alam (BAP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here